Tue, 16 Jul 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

Mahasiswa UNRI Bangun Daerah

Andriki Saputra11 July 20237min374

News. Pemerintah Daerah Kabupaten Siak melakukan temu ramah dengan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) penempatan lokasi di Kabupaten Siak, Senin (10/7/2023) di pelataran lantai II kantor Bupati Siak. Pada pertemuan ini, hadir Rektor UNRI Prof Dr Sri Indarti MSi, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi Dr Sofyan Husein Siregar M Phil, beserta jajaran di Lingkungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNRI.

Rektor UNRI Prof Dr Sri Indarti SE MSi saat menyampaikan sambutan, menyampaikan sebanyak seribu lebih mahasiswa UNRI melaksanakan Kukerta di Kabupaten Siak yang terdiri dari Kukerta Reguler dan Kukerta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Terima kasih atas sambutan, perhatian, dan suport dari Kabupaten Siak yang telah menerima mahasiswa UNRI untuk melaksanakan Kukerta di Kabupaten Siak. “Ini merupakan sebuah kehormatan dan apresiasi bagi kami sivitas akademika UNRI. Kabupaten Siak, merupakan kabupaten penerima mahasiswa terbanyak untuk Kukerta,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, kami sivitas akademika UNRI mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan jajaran hingga kepala kampung serta masyarakat tempatan yang telah menerima mahasiswa Kukerta. “Pelaksanaan Kukerta UNRI Tahun 2023 ini ada dua gelombang, pertama Kukerta Reguler pelaksanaan dua bulan mulai dari bulan Juli hingga Agustus, Kedua, Kukerta MBKM pelaksaannya selama empat bulan mulai dari agustus hingga desember.”

Pada pelaksanaan Kukerta MBKM ini untuk Riau, Kabupaten Siak merupakan Kabupaten Pertama yang menerima Kukerta MBKM. Kukerta MBKM ini berbeda dengan Kukerta Reguler, Kukerta MBKM ini merupakan program Kementerian yang nanti turunnya mahasiswa sebanyak 299 orang. “Berbagai Program yang akan disusun, antara Pemerintah Kabupaten Siak dengan Mahaiswa, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan LPPM UNRI.

“Kami menyerahkan  mahasiswa ini dimana nanti berkolaborasi meningkatkan inovasi dalam rangka MBKM, dengan adanya MBKM ini meningkatkan talenta-talenta mahasiswa yang tidak hanya bisa teori tetapi juga bisa turun langsung ke masyarakat. Kami berharap kepada mahasiswa, karena ini turun ke lapangan tentu banyak yang berbeda dari teori yang didapatkan dari kampus,” jelas Sri.

“Silahkan kepada Bupati dan jajaran hingga kepala kampung memanfaatkan mahasiswa nantinya untuk bisa berkontribusi membangun Kabupaten Siak. Kita juga berharap kepada mahasiswa dapat memberikan nilai tambah selama dilokasi Kukerta,” jelas Guru Besar bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).

Bupati Siak, Drs Alfedri MSi dalam arahan dan sambutannya, menyampaikan selamat datang di Kabupaten Siak semoga bisa memberikan manfaat kepada Kabupaten Siak dalam hal dunia pendidikan dan pembangunan, serta meningkatkan kualitas SDM Siak.

“Dalam pelaksanaan pembangunan Kabupaten Siak ini bagaimana menyinergikan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja, usaha serta menjadi pembelajaran baik mengaplikasikan ilmu untuk mengasah keterampilan serta meningkatkan kualitas SDM penerus bangsa,” ujar Bupati.

“Disiak ini, banyak potensi yang dapat dikembangkan, salah satunya melalui pariwisata. Siak dalam hal ini terus mendorong pariwisata baik melalui wisata sejarah dan budaya, wisata alam serta destinasi buatan serta pertanian. Keberhasilan ini tidak akan terlepas dari kolaborasi antara pemerintahan kabupaten siak dan mahasiwa untuk memajukan kabupaten ini, “ujarnya.

Tambahnya, Potensi sudah ada jadi bagaimana perbaikan lebih baik untuk masa depan baik dari segi pelayanan, pembangunan serta kegiatan apapun untuk kemajuan Kabupaten Siak. Kabupaten Siak dalam membagun pembangunan ekonomi rakyat, melaksanakan pembinaan seribu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tentunya dalam pengembangan UMKM ini bagaimana cara pemasarannya inilah menjadi poin paling utama, berilah masukan bagaimana cara pemasaran UMKM ini lebih maju dengan dukungan teknologi sekarang.

Pada kegiatan ini, Assoc Prof Dr Emilda Firdaus SH MH Sekretaris LPPM UNRI, saat mendampingi Rektor beserta Bupati Siak saat menyerahkan sertifikat, merk, dan sertifikat halal ke pelaku usaha, menjelaskan “UNRI dalam kurun beberapa tahun ini membina pelaku usaha yang ada di Kabupaten Siak, melalui pembuatan sertifikat, merk, dan sertifikat halal ke pelaku usaha ganepo di Kampung Paluh binaan Dosen UNRI dan mahasiswa Kukerta UNRI tahun 2021-2023.

Pada momentum ini UNRI dengan Pemerintah Kabupaten Siak, juga melaksanakan penandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) meliputi bidang Pendidikan, Bidang Penelitian dan Pengembangan SDM, Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, dan kegiatan lainnya yang selaras dengan pengembangan UNRI dan Kabupaten Siak. (wendi. ed: rion. foto: januardi) ***

Photo dokumentasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info