Tue, 16 Jul 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

Mahasiswa Kukerta MBKM UNRI Ikuti Bimtek SPBE Pemkab Siak

Andriki Saputra12 September 20234min587

News. Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNRI Assoc Prof Dr Emilda Firdaus SH MH, membuka acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sensus Data Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak Bagi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Kukerta-MBKM), Selasa (12/9/2023) di Aula Balairung Hotel Pangeran Pekanbaru.

Sebanyak 300 orang mahasiswa yang menjadi peserta kelompok Kukerta MBKM tahun 2023 yang akan Kukerta di delapan Kecamatan Kabupaten Siak. Kukerta MBKM merupakan program kuliah yang dominan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan konversi mata kuliah. Program Kukerta MBKM adalah program Kukerta yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI).

Emilda, menyampaikan, sebanyak 300 orang mahasiswa yang menjadi peserta kelompok Kukerta MBKM tahun 2023 ini. Kegiatan ini merupakan satu diantara rangkaian dari Kukerta UNRI yang dilaksanakan di Kabupaten Siak. “Pada tanggal 14 September 2023 mendatang para peserta akan turun langsung kelokasi Kukerta,” ucapnya.

Kegiatan ini juga merupakan program yang telah disusun oleh LPPM UNRI dengan Pemkab Siak untuk kegiatan Kukerta MBKM selain program atau mata kuliah yang sudah di konversi sebanyak 20 sks. Tahun ini UNRI bekerjasama dengan Pemkab Siak dengan Program Kukerta MBKM  Sensus Data Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Siak.

Mahasiswa diharapkan mampu menghadirkan solusi perubahan dan perbaikan yang terus menerus terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di daerah. Saya berharap adik-adik mahasiswa dalam melaksanakan aktivitas Kukerta Program MBKM ini dapat membangun desa ini bisa memberikan berbagai manfaat, ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Siak Romy Lesmana, menyampaikan Pemkab Siak manyambut baik kehadiran dari peserta Kukerta MBKM UNRI Tahun 2023, dalam rangka melaksanakan program kerja dan membantu Pemkab Siak dalam melakukan pengumpulan data SPBE di Kabupaten Siak.

“Target kami ingin mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, termasuk juga pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Karena itu, untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Siak butuh kerja sama semua pihak, terutama bersama adik-adik mahasiswa Kukerta MBKM UNRI. Data itu nantinya akan digunakan seluruh organisasi perangkat daerah dalam menetapkan kebijakan yang terbaik untuk kepentingan masyarakat kabupaten Siak,” jelasnya.

Pada Sosialisasi dan Bimtek ini, LPPM bersama dengan Pemkab Siak menghadirkan narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Siak yang memaparkan tentang SPBE dan penggunaan aplikasi KAIT, dan narasumber dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Siak tentang Konsep dan materi Form data Sensus SPBE, Neny Tri Mahanani, SST., M.Ec.Dev. (ed: rion. foto: ist) ***

Photo dokumentasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info