Tue, 16 Jul 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

Bekali Mahasiswa Peserta Kukerta MBKM untuk pelaksanaan Kegiatan pada 14 September hingga 10 Desember 2023

Andriki Saputra7 September 20234min666

News. Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNRI Assoc Prof Dr Emilda Firdaus SH MH, membuka acara Pembekalan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kamis (7/9/2023) di Aula Siak Sri indrapura Gedung Rektorat UNRI.

Pada pembekalan ini, Sekretaris mewakili Ketua LPPM UNRI, Prof Dr Mubarak MSi. Pada sambutannya, Emilda, menyampaikan agar mahasiswa peserta Kukerta MBKM dapat menyesuaikan diri dalam pelaksanaan selama Kukerta.

“Kukerta ini adalah, bagaimana ketika anda di masyarakat, selama tiga bulan kedepan merupakan waktu yang cukup lama. Perlunya mahasiswa peserta Kukerta MBKM ini untuk memperhatikan keselamatan. Perhatikan situasi dimanapun kita berada, bagaimana meminimalisir resiko yang ada,” ujar Emilda.

“Selain itu, mahasiswa selama pelaksanaan Kukerta, juga perlu mempelajari kearifan lokal di lokasi pelaksanaan. Peserta tidak semuanya berasal sari Kabupaten Siak, tentunya heterogen. Perlu kecerdasan peserta untuk berbaur di daerah tempatan,” ingat Dosen Fakultas Hukum UNRI ini menerangkan.

Lebih lanjut, jelas Emilda, pada pertemuan ini LPPM menghadirkan sejumlah narasumber bagi pembekalan mahasiswa, yaitu Prof Dr Evelyn ST MSc MEng membahas tentang Kesehatan, Keselamatan Kerja (K3), selanjutnya Dr Lie Otman SSos MSi membahas tentang Etika Pedesaan.

Juga pada pertemuan ini Sekretaris LPPM menyampaikan terkait panduan pelaksanaan Kukerta MBKM oleh Tim Pokok Kerja (Pokja) dan dari mitra. “Akan ada sharing terkait program proteksi kegiatan, yang dilakukan selama 3 bulan. Nanti bisa dipertimbangkan plus minusnya. Untuk saat ini, kita setakat sharing dulu dalam bentuk himbauan.”

Untuk peserta Kukerta MBKM tahun 2023 ini, ada sebanyak 300 orang peserta yang melaksanakan Kukerta ini. Diantaranya berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNRI.

Adapun pelaksanaan Kukerta MBKM ini dimulai pada tanggal 14 September hingga 10 Desember 2023 mendatang di 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.

Kukerta MBKM ini merupakan program pertama yang dilaksanakan UNRI yang merupakan Program Kukerta yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (ed: rion. foto: ist) ***

Photo Dokumentasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info