BREAKING NEWS
Mon, 26 Feb 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

LPPM Universitas Riau Melaksanakan Pelatihan Penulisan Proposal Pengabdian Kompetitif Nasional Sumber Pendanaan DRTPM

Andriki Saputra30 March 20237min409

***LPPM Universitas Riau Melaksanakan Pelatihan Penulisan Proposal Pengabdian Kompetitif Nasional Sumber Pendanaan DRTPM***

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Proposal Pengabdian Kompetitif Nasional Sumber Pendanaan DRTPM Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada Hari Rabu, tanggal 29 Maret 2023 dimulai pukul 10.00 s.d. 16.00 WIB. Bertempat di Ruang Aula LPPM Universitas Riau Kampus Bina Widya Jl. HR. Soebrantas KM. 12,5 Panam Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Permintaan Usulan Proposal Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Direktorat Jenderal, Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tahun Anggaran 2023.

Acara ini dibuka secara resmi oleh ketua LPPM Universitas Riau, Prof. Dr. Mubarak, M.Si. Dalam arahannya beliau menyampaikan tujuan pelatihan penulisan proposal pengabdian ini agar tercipta inovasi-inovasi baru dari dosen Universitas Riau, dengan harapan usulan proposal yang masuk jumlahnya sebanyak yang hadir pelatihan penulisan proposal pengabdian ini, kemudian luaran dari hasil pengabdian dosen ini baik berupa buku, artikel publikasi, dan riset hilirisasi dapat diberikan reward/insentif kepada dosen yang mengajukan.

Acara ini dihadiri oleh dosen/Ketua Pengusul yang mengajukan proposal pengabdian DRTPM Tahun Anggaran 2023 dan Tim Reviewer Universitas Riau berjumlah sekitar 80 orang. Dengan Narasumber antara lain Prof. Dr. Ir. Irwan Efendi, M.Sc; Prof. Dr. Hapsoh, MS; Prof. Dr. Ir. Dewita, MS; Dr. Roza Elvyra, S.Si., M.Si; Dr. Padil ST., MT; narasumber tersebut merupakan pakar yang memiliki pengalaman dalam bidang pengabdian dan sekaligus menjadi reviewer penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Riau. Masing-masing narasumber memberikan materi terkait topik Skema Pengabdian Kompetitif Nasional 2023 (DRTPM), Seleksi Administratif dan Seleksi Dokumen (Rekam Jejak dan Usulan Pengabdian), Rancangan Anggaran Belanja (Anggaran), Teknik Penulisan Proposal Pengabdian (Ringkasan, Analisa Situasi, Rumusan Jadwal Kegiatan, Daftar Pustaka, Peta Lokasi).

Dalam pelaksanaannya pelatihan penulisan proposal DRTPM ini dibagi kedalam beberapa tahapan yaitu pemaparan materi oleh narasumber, sesi diskusi dan tanya jawab, serta klinik proposal pengabdian DRTPM, dalam tahapan acara klinik proposal pengabdian beberapa dosen dibagi kedalam 5 kelompok dan memaparkan masing-masing draft proposalnya kepada narasumber serta dibaerikan arahan dan tindak lanjut terkait proposal tersebut.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan akan menghasilkan persamaan persepsi antara reviewer dan para dosen dalam pembuatan proposal penelitian pengabdian kepada masyarakat, harapannya kedepan agar dalam hal pengajuan proposal hibah/bantuan pengabdian dosen dapat tepat sasaran serta diharapkan capaian luaran yang berdampak nyata bagi masyarakat. (ade, ed.: d2o2, foto fazil)

Photo dokuemntasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info