Thu, 20 Jun 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

UNRI Gelar Pelatihan “Enumerator Survey” Kepuasan Publik

Andriki Saputra19 October 20234min196

News. Universitas Riau (UNRI) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNRI bersama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengadakan Pelatihan Enumerator Survey Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Pemerintah Kota Pekanbaru Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung LPPM Lantai 2, Kamis (19/10/2023).

Sekretaris LPPM UNRI, Assoc Prof Dr Emilda Firdaus SH MH, saat membuka acara menyampaikan adanya perhatian Pemerintah Kota Pekanbaru terhadap perlunya pengembangan produk unggulan di Kota Pekanbaru. Bagaimana harapan Pemerintah Kota Pekanbaru mempunyai produk unggulan misalnya pertanian.

“Itu bagian dari harapan Walikota, yang mungkin perlu menjadi perhatian bagi semua pihak terutama oleh Dinas-dinas terkait. Bagaimana program dari pimpinan daerah bisa menjadi perhatian dinas untuk diimplementasikan ke masyarakat,” jelas Emilda.

“Inilah kaitannya, bagaimana program tersebut dapat direalisasikan melalui peran dari berbagai pihak, diantaranya adalah Universitas Riau, seperti kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini melalui Pelatihan Enumerator Survey Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Pemerintah Kota Pekanbaru Tahun 2023 ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari membantu pemerintah dalam memonitoring pelaksanaan tupoksinya (tugas pokok dan fungsi-red), sehingga terciptanya good goverment. Bagaimana tata pemerintahan yang baik, transparan, dan inovatif,” jelas Emilda.

“Tentunya akan banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ini. Mudah-mudahan rangkaian kegiatan ini nantinya dapat terlaksana dengan baik, sehingga kerja sama yang telah terjalin, dapat pula meningkatkan kinerja Pemko Pekanbaru,” ujar Dosen ahli Bidang Hukum UNRI menjelaskan.

Pada Pelatihan ini, hadir selaku narasumber Dr Tito handoko Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNRI. Dalam materinya, Tito menyampaikan Kajian survey ini dirumuskan dengan maksud untuk memetakan permasalahan kemudian menilai efektifitas penyelesaian permasalahan dan isu startegis serta program prioritas yang telah dijalankan Pemerintah Kota Pekanbaru.

“Tujuan kajian survey adalah sebagai berikut memperoleh data dan informasi mengenal tanggapan masyarakat atas pelaksanaan penyelesaian permasalahan, isu strategis serta program prioritas yang telah dilaksanakan, mengevaluasi program yang telah dilaksanakan serta dampak bagi kabermanfaatan program bagi masyarakat, mengindentifikasi kebutuhan dan prioritas program lanjutan yang berkaitan dengan layanan kebijakan yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui pemetaan per-Kecamatan di Kota Pekanbaru, memperoleh bahan rujukan bagi penyusun kebijakan program agar menjadi masukan dalam penyusunan program jangka menengah dan jangka panjang Kota Pekanbaru,” terangnya di hadapan peserta Pelatihan. (ed: rion. foto: abdi) ***

Photo Dokumentasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info