Thu, 23 May 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

Refleksi LPPM UNRI Akhir Tahun 2023

Andriki Saputra19 December 20234min160

News. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM-UNRI) mengandakan kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2023. Kegiatan ini merupakan bentuk evaluasi dan penguatan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) di LPPM, Selasa (19/12/2023) di Aula Gedung LPPM UNRI Kampus Bina Widya.

Ketua LPPM UNRI, Prof Dr Mubarak MSi, menyampaikan apresiasi terhadap kinerja yang telah dilakukan personil di LPPM, namun evaluasi dan pengawasan tetap penting untuk dilakukan sebagai penguatan dalam kinerja organisasi.

“Bagaimana pelayanan cepat, perlu inovasi serta keinginan untuk terus belajar. Core business LPPM adalah menunjang aktifitas yang berkaitan dibidang penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat. LPPM adalah manajemen pendukung untuk mewujudkan aktifitas tersebut,” jelas Guru Besar Bidang Perikanan dan Kelautan UNRI ini menjelaskan.

“Keberhasilan pelaksanan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga bergantung pada pelayanan yang kita (LPPM-red) berikan. Ini tantangan, karenanya, kita (LPPM-red) perlu melakukan kebaikan-kebaikan, inovasi dalam melaksanakan pekerjaan,” arahan Ketua LPPM.

Lebih lanjut, ujar Mubarak, agar seluruh unsur yang ada di LPPM melaksanakan perencanaan secara teratur dan terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi stakeholder LPPM yang ada.

Pada kegiatan ini, LPPM menghadirkan ustad Dr Zulkarnain Umar yang juga merupakan dosen UNRI sebagai pemateri dalam memberikan motivasi dan penguatan personil LPPM. Pada penyampaiannya Zulkarnain, menyebutkan ada empat evaluasi dalam konteks Islam.

“Ada empat evaluasi dalam konteks Islam dalam Al-Quran. Keempat unsur ini dalam organisasi dikenal dengan empat unsur manajemen “POAC”. Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC) atau perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Ini merupakan fungsi manajemen yang menjadi rangkaian proses yang perlu dilalui untuk mencapai tujuan yang diharapkan,” jelas Zulkarnain.

“Terkait unsur yang pertama, unsur perencanaan-planning, bahwa kita hidup untuk kebaikan. Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wa Fil Akhirati Hasanah Wa Qina ‘Adzabannar. Artinya, Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia serta di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka,” jelas ustad Zulkarnain.

Unsur kedua jelas ustad Zulkarnain, adalah pengorganisasian-organizing, bahwa kita berjalan di jalan yang lurus, melanjutkan program kebaikan dari orang-orang yang terdahulu. Ihdinas Sirotol Mustaqim, yang artinya tunjukilah kami jalan yang lurus.

“Unsur ketiga adalah unsur pelaksanaan-actuating. Bahwa kita beraktifitas atau bekerja adalah semata-mata karena Allah. Inna shalaatii wanusukii wamahyaaya wama maati lillahi rabbil aalamiina, yang artinya sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku, dan matiku semata hanya untuk Allah seru sekalian alam,” ujar Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI ini menguraikan.

Unsur keempat, jelas ustad Zulkarnain, adalah pengawasan-controlling. Pengawasan. Mengevaluasi. Secara islami, adalah dengan cara beristigfar, Astaghfirullhal’adhim, yang artinya Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung.

“Semoga kinerja kita kedepan lebih baik, tentunya bekerja dengan niat yang baik pula untuk keberhasilan dalam berkinerja, yang membawa pada keberkahan,” tutup ustad Zulkarnain. (ed: rion. foto: ega) ***

Photo dokumentasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info