Thu, 20 Jun 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dalam Rangka Pelaksanaan Kukerta Universitas Riau Tahun 2023

Andriki Saputra28 February 20236min584

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau telah melaksanakan kegiatan penyamaan persepsi untuk Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan membimbing proses pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) untuk tahun 2023. Kegiatan ini di laksanakan secara luring selama dua hari yaitu pada hari senin dan selasa tanggal 27 sampai dengan 28 Februari 2023 bertempat di aula LPPM lantai 2 yang di hadiri oleh dosen-dosen Universitas Riau yang telah mendaftar sebagai DPL pada laman kukerta.unri.ac.id pada beberapa waktu sebelumnya.

Kegiatan penyamaan persepsi ini dibuka secara resmi oleh Ketua LPPM, Prof. Dr. Mubarak, M.Si yang sekaligus memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya dosen dan sekaligus Guru Besar dari Fakultas Perikanan ini menyampaikan bahwa pelaksanaan kukerta Universitas Riau tahun ini dibuka dan dilaksanakan dalam dua model Kukerta yaitu Kukerta Reguler dan Kukerta MBKM. Terkait Kukerta MBKM proses pendaftarannya melalui rekomendasi atau persetujuan dari Program Studi yang ada di lingkungan Universitas Riau yang siap melaksanakan Kukerta MBKM.

Kuliah Kerja Nyata ini sendiri merupakan salah satu bentuk program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Riau yang dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan dari berbagai disiplin ilmu. Dalam perkembangannya dari tahun ke tahun program Kukerta ini bergerak dinamis menyesuaikan kondisi dan problematika yang ada di lapangan. Dalam rangka untuk memaksimalkan rancangan program yang telah disusun, Pokja Kukerta sebagai kepanjangan tangan LPPM telah melakukan analisis potensi desa yang tersebar di semua kabupaten di provinsi Riau secara random. Adapun kegiatan Kukerta tahun ini mengambil tema “Bangun Kampung” dengan penajaman pada program-program yang dirancang dan diajukan oleh mahasiswa berdasar potensi desa yang ada dengan tujuan agar dapat membangun kampung atau desa lokasi Kukerta menjadi wilayah yang lebih berdaya saing.

Dalam kegiatan Penyamaan Persepsi DPL yang dilaksanakan selama dua hari ini dibagi menjadi empat sesi dimana dalam tiap sesinya diisi dengan pemaparan oleh narasumber dari Pokja Kukerta secara bergantian terkait panduan pelaksanaan kukerta tahun 2023. Adapun hasil dari kegiatan ini diharapkan pada semua Dosen Pembimbing Lapangan dapat membimbing mahasiswa yang akan melaksanakan Kukerta mulai dari tahap persiapan, pembekalan dan pengantaran mahasiswa serta monitoring evaluasi keberhasilan kegiatan mahasiswa di lokasi kampung atau desa masing-masing yang menjadi binaannya sehingga kegiatan Kukerta “Bangun Kampung” tahun 2023 dapat berjalan dengan baik dan sukses memenuhi target-target yang telah ditetapkan. (desi. ed: d2o2. Foto: fazil)

Photo dokumentasi:

 


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info