Mon, 02 Oct 2023 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

Peningkatan Penelitian dan Pengabdian Melalui Pengelolaan Keuangan yang Baik

Andriki Saputra9 August 20236min204

News. “Kalau kita cermati secara umum, ada sebanyak lebih kurang 30 persen dosen yang mengajukan proposal penelitian, dan semuanya disetujui, namun ada kekhawatiran bagi dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian di dalam menyusun laporan pertanggungjawaban keuangannya. Sehingga dampak dari hal ini, banyak dosen yang beralih kepenelitian mandiri.”

Hal ini disampaikan Prof Dr Mubarak MSi, saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Draf Panduan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Kegiatan Penelitian, Pengabdian, kepada Masyarakat dan Kerja Sama di lingkungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM-UNRI), Rabu (9/8/2023) di Ruang Bertuah I, Hotel Pangeran Pekanbaru.

“Mencermati hal inilah LPPM UNRI, selaku pengelola penelitian dan pengabdian di UNRI, menyusun Panduan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Kegiatan Penelitian, Pengabdian, kepada Masyarakat di UNRI dalam rangka penguatan Tata Kelola Keuangan Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang efektif dan akuntabel,” ujar Mubarak.

“Skema pembiayaan penelitian dan pengabdian ini, kecendrungannya berbasis out put ataupun luaran, dan disatu sisi kegiatan penelitian dan pengabdian juga berbasis pertanggungjawaban keuangan. Karenanya, melalui pertemuan ini kita menginginkan agar bagaimana dosen dapat nyaman melaksanakan tugas selaku peneliti dan pengabdian, dan LPPM sebagai pengelola memberikan pelayanan terbaik untuk pelayanan tersebut, sehingga daya serap anggaran penelitian dan pengabdian dapat meningkat,” jelas Guru Besar Bidang Perikanan dan Kelautan ini menjelaskan.

Pada kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI Dr Mexsasai SH MH, menyampaikan terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian ini dari aspek kelilmuan, dapat dilihat dari berbagai perspektif. Pada perspektif administrasi, yakni studi tentang penyelenggaran negara dalam penggunaan anggaran negara.

“Hari ini, pertemuan ini termasuk pada perspektif penyelenggaraan negara. Ada dua aturan yang mengatu, yakni melalui Peraturan Menteri Keuangan dan Peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Satu sisi spritinya berbasis output, dan satu sisi bahwa negara mengarahkan agar satu rupiahpun perlu adanya pertanggungjawaban,” ujar Mexsasai.

“Kita tentunya ingin bagaimana kegiatan penelitian dan penagbdian yang dilakukan oleh akademisi bisa melakukan penataan dalam meminimalisir kesalahan yang bermuara pada wilayah hukum. Ada dua unsur yang terkait hal tersebut, yakni ada unsur kesengajaan seperti perbuatan fiktif, dan unsur kelalaian yaitu tidak ada niat. Indikasi ini yang perlu diminimalisir dari kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan,” jelas Mexsasai.

“Kita berharap, para peneliti dapat disibukkan dengan aktifitas penelitian, bukan sebaliknya sibuk untuk mengurus kwitansi penelitian dan pengabdian. Sehingga luaran dari kegiatan penelitian dan pengabdian dapat tercapai, dan disatu sisi pertanggungjawaban secara keuangan juga dapat dilakukan,” ujar Mexsasai.

“Terima kasih kepada narasumber yang telah hadir, mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan dapat mencapai tujuan dan rencana yang kita inginkan,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik ini menjelaskan.

Pada kegiatan ini, LPPM UNRI menghadirkan narasumber untuk materi tentang Standar Akuntansi Penyusunan  Laporan Keuangan disampaikan oleh Mas Agung M. Noor SST MSi Ak CFE. Selanjutnya untuk materi Pengawasan Laporan Keuangan Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat disampaikan oleh Bochari ST MT dan Dr Dessy Artina SH MH, sementara untuk materi tentang Panduan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Kegiatan Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerja Sama disampaikan oleh Assoc Prof Dr Emilda Firdaus SH MH. (ed: rion. foto: fazil) ***

Photo dokumentasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info