Wed, 07 Dec 2022 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

LPPM Selenggarakan Pelatihan Penelusuran Paten dan Penulisan Deskripsi Permohonan Paten

Andriki Saputra26 October 20225min126

Pekanbaru, 26 Oktober 2022

Dalam rangka peningkatan pengusulan paten yang berstatus Granted, dari hasil penelitian di Lingkungan Universitas Riau, maka dari itu perlunya bimbingan pembuatan laporan pengajuan pendaftaran paten sehingga bisa berstatus Paten Granted.  LPPM Unri menyelenggarakan Pelatihan Penelusuran Paten dan Penulisan Deskripsi Permohonan Paten. Kegiatan ini dihadiri oleh inventor – inventor yang ingin mendaftarkan produknya dalam bentuk paten hasil dari riset yang ada di Universitas Riau. Kegiatan pelatihan ini digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau tanggal 26 Oktober 2022 di hotel The Premier by Grand Zuri Hotels Pekanbaru.

Dalam hal ini, Ketua LPPM Universitas Riau Prof. Dr. Almasdi Syahza, SE., MP pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi untuk kegiatan ini. Kegiatan ini dalam rangka untuk peningkatan produk paten yang dapat berstatus paten granted.

Sekretaris LPPM Universitas Riau pada kegiatan ini menyampaikan semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan produk – produk paten yang berstatus sebagai paten granted di tahun yang akan datang.

Ketua panitia kegiatan dan merupakan ketua Sentra Kekayaan Intelektual Unri yaitu Dr. Monita Olivia, M.Sc mengatakan pada tahun 2022 terdapat judul paten atau paten sederhana status granted sebanyak 52 judul.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu Dr. Ahmad Marzuki, S.Si  merupakan Dosen Prodi S1 Fisika Universitas Surakarta (UNS) dan merupakan anggota tim fasilitator Pembinaan Kekayaan Intelektual DRTPM Kemendikbudristek. Produk paten yang tergolong granted bukanlah sesuatu yang susah untuk digapai, terdapat kiat – kiat yang bisa diterapkan oleh para inventor. Selain itu, beliau mengatakan, tingkatan produk paten tertinggi jika produk paten tersebut bisa berstatus paten granted.

Kegiatan ini diawali dengan pengantar terkait kekayaan intelektual dilanjutkan dengan penulusuran dan penulisan paten, diakhiri dengan asistensi draft laporan pengajuan paten yang telah dibikin oleh para inventor bersama narasumber. Output yang diharapkan pada kegiatan ini terdapatnya draft laporan yang siap diajukan untuk paten baik berupa proses maupun barang jadi produk.

Dokumen terkait: Sertifikat dan Materi Pelatihan

Photo Dokumentasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info