Thu, 23 May 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

Bangun Iklim “WBK-WBBM” di UNRI

Andriki Saputra30 October 20235min176

News. Menindaklanjuti arahan Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Sri Indarti SE MSi pada 16 Agustus 2023 lalu melalui Pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan UNRI, jajaran pimpinan dan staf lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNRI lakukan Deklarasi dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ditandai dengan penekanan tombol virtual secara bersama, Senin 30 Oktober 2023 di Aula Gedung LPPM UNRI, Kampus Bina Widya.

Pada kegiatan ini Ketua LPPM UNRI Prof Dr Mubarak MSi, dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya perkembangan zaman orde baru hingga zaman reformasi ini, birokrasi yang bersih dan melayani menjadi agenda utama pada zaman reformasi ini. Semua itu dapat dibangun dengan segala sumber daya yang ada.

“Sumber Daya Manusia sudah seharusnya berintegritas, ditambah pula dengan perlunya menciptakan iklim organisasi yang memerlukan kecerdasan intelektual, keimanan, dan moralitasnya. Secara general, Perguruan Tinggi merupakan lembaga pendidikan yang sudah seharusnya dapat menyelesaikan masalah di sekelilingnya. Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ini merupakan bentuk komitmen institusi dalam menciptakan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” ujar Mubarak.

“Perlu dipertebal integritas, karena penyimpangan itu dapat berasal dari semua aspek, seperti penyimpangan terhadap jam waktu kerja, pemanfaatan aset yang bukan untuk kepentingan menunjang pekerjaan, dan sebagainya. Melalui pencanangan ini, maka perencanaan yang dimulai dari visi dan misi menjadi hal yang sangat penting, hingga diturunkan ke tugas, serta selanjutnya mengikuti dengan serangkaian tanggung jawab pada masing-masing individu,” urai Guru Besar Bidang Perikanan dan Kelautan UNRI ini menguraikan.

“Harapan kedepan, integritas dalam menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan. Saat ini, yang kita (LPPM-red) laksanakan adalah memberikan fasilitas bagi menunjang Tridharma Perguruan Tinggi. Fasilitas itu diantaranya adalah dengan menyalurkan insentif kepada peneliti dan pengabdi di UNRI untuk motivasi. Dosen meneliti tentunya untuk karir, dan seiring hal itu adalah bagian dari capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor. Setelah pencanangan ini, semoga kinerja kita semakin meningkat, dan dapat memberikan manfaat bagi Universitas,” ujar Mubarak.

Pada kesempatan yang lalu, Rektor UNRI Prof Dr Sri Indarti SE MSi pada saat kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan UNRI, menyampaikan Pencanangan ini merupakan langkah awal dalam pelaksanaan sitem pemerintahan yang lebih baik dan sebagai pelopor dalam penerapan ZI dalam perguruan tinggi khususnya UNRI dalam pelaksanaan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik.

“Tentunya hal ini bukan hal yang mudah, tapi dengan semangat kolaborasi dan komitmen untuk menjadikan Zona Integritas sebagai budaya tentunya akan terlaksana dengan baik. Mari sama sama kita menjadikan ZI sebagai budaya di lingkungan UNRI,” jelasnya. (ed: rion. foto: ega/ ist) ***

 


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info