Mon, 26 Feb 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

Sikapi Perubahan Lingkungan dengan Bakau

Andriki Saputra21 August 20237min134

News. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Mubarak MSi bersama sejumlah pihak lakukan penanaman bibit pohon mangrove di kawasan Kampus Purnama UNRI, Senin (21/8/2023).

Penanaman bibit pohon mangrove ini adalah bentuk perhatian sejumlah pihak akan perkembangan perubahan lingkungan secara global. Perubahan iklim yang disebabkan oleh naiknya temperatur atmosfer bumi ini, memicu dampak lingkungan global, seperti kenaikan permukaan air laut, ketidakpastian musim hujan dan kemarau.

“Alhamdulillah pelaksanaan penanaman bibit Mangrove yang kita lakukan atas kerja sama sejumlah pihak dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan oleh UNRI melalui Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bekerjasama dengan PT Kilang Pertamina Internasional Project Sumatera,” ujar Mubarak.

“Kegiatan ini, tentunya dapat memberikan semangat kepedulian terhadap lingkungan hidup, yang dapat ditumbuhkan pada seluruh komponen masyarakat, melalui penjagaan lingkungan hidup,” tambahnya.

Pada kegiatan itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi (UNRI) Dr Ir Sofyan Husein Siregar MPhil mewakili sambutan Rektor UNRI Prof Dr Sri Indarti MSi, menyampaikan kegiatan ini merupakan amanat komitmen dari pemerintah untuk penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen dengan usaha sendiri dan sampai dengan 41 persen dengan dukungan internasional.

Upaya tersebut ditindaklanjuti dalam rencana, kegiatan dan program di tingkat nasional maupun daerah. “Pada hari inilah, melalui kegiatan yang kita laksanakan ini merupakan bagian dari program dalam rangka upaya menyikapi perubahan iklim tersebut”.

“Karena itulah, sangat diperlukan kajian atas dampak dari investasi terhadap keanekaragaman hayati dan perubahan iklim yang ada. Upaya-upaya pemerintah dalam memperhatikan kelestarian ini ada dalam setiap sektor kegiatan, baik sebagai Busines As Usual (Bisnis Biasa) maupun dengan Effort (Upaya atau tindakan) konservasi keanekaragaman hayati dan penurunan emisi,” ujarnya.

Melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Project Sumatera merupakan satu diantara bagian wilayah yang sangat perlu dikaji keberlanjutan dan dampak kegiatan investasinya terhadap keanekaragaman hayati dan perubahan iklim yang ada.

“UNRI sangat menyambut baik dari dukungan PT KPI Project Sumatera dalam mendukung pencapaian Nationally Determined Contribution (NDC) dimana salah satunya yaitu program reboisasi dan penanaman mangrove,” kata Sofyan.

Berdasarkan rekomendasi dari kajian  project Description yang telah dilakukan, yaitu melalui aksi sistimatis-terencana, penanaman-pemeliharaan berkelanjutan, serta pengelolaan keberadaan hutan mangrove, memiliki peran yang sangat penting.

Perannya yang dimaksud antara lain, untuk penyerap dan penyimpan karbon, menjadi habitat hidup dan sumber makan bagi banyak satwa, serta terdapat beberapa jenis mangrove yang dilindungi baik taraf nasional dan internasional yang dapat menjadi laboratorium bagi pengembangan keilmuan, ucapnya.

“Melalui kegiatan ini, kita dapat memberikan semangat kepedulian terhadap lingkungan hidup, yang dapat ditumbuhkan pada seluruh komponen masyarakat, melalui penjagaan lingkungan hidup, melalui kegiatan reboisasi penanaman mangrove,” katanya.

“Kegiatan ini tentunya sangat kita sambut baik, karena juga bersempena dengan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, serta menjadi anugerah terbaik bagi negara ini, sebagai bentuk perhatian kita sebagai bagian dari masyarakat dunia terhadap lingkungan hidup di negara ini, bagian dari program menunjang reduksi karbon dunia,” jelasnya. (ed: rion. foto: m. rizki) ***

Photo Dokumentasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info