Thu, 20 Jun 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

“Matching Fund” Dekatkan dengan Dunia Industri

Andriki Saputra6 October 20235min338

Unrinews. Matching Fund adalah bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Perguruan Tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Mitra. Universitas Riau (UNRI) adalah satu diantara universitas yang menerima dana penelitian program dukungan dari Kemendikbudristek ini.

Jumat (6/10/2023), UNRI melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, memfasilitasi kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Matching Fund Tahun 2023 di UNRI. Tim Reviewer Substansi Program Matching Fund Kemdikbudristek, Drs Sujito PhD, pada kegiatan ini, menyebutkan ini adalah kesempatan luar biasa, yang mana Kita berharap insan peneliti atau teman-teman yang ada di Riau ini dapat bekerja sama dengan mitra di luar sana dari dunia industri dan sebagainya.

“Riau adalah penghasil sawit dari negara ini, jangan sampai pabrik sawit yang ada di Riau tidak digandeng oleh Universitas Riau sendiri. Padahal di sini (Riau-red) ada UNRI. Kedepan agar dapat terus meningkatkan kerja sama ini,” ujar Sujito.

Pada kesempatan itu, Rektor UNRI Prof Dr Sri Indarti MSi, yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi UNRI, Dr Ir Sofyan Husein Siregar MPhil, menyampaikan kegiatan Monev Matching Fund di UNRI, adalah terkait juga dengan Monev penelitian Ekonomi hijau terintegrasi berbasi pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan potensi lokal, yang dilaksanakan oleh Tim pengusul Dr Hj Okta Karneli MSi.

“Kita bagaiman bermitra dengan dunia industri. Tentunya ini merupakan cita-cita kita bersama untuk bagaimana universitas dapat berkolaborasi dengan dunia industri. Karena selama ini terdapat gap antara universitas dengan dunia industri. Dengan adanya program matching fund ini, akan mendekatkan kita ke dunia industri, sehingga hasil-hasil riset yang ada di rak-rak buku dan perpustakaan, mudah-mudahan ini bisa kita hilirisasikan serta bermanfaat terhadap masyarakat dan kemajuan bangsa ini,” ujar Sofyan.

“UNRI sangat mendukung kegiatan ini. Dan monev ini akan menjadi catatan kami, bagaimana matching fund menjadi lebih baik. Kalau hari ini kita mendapat hibah matching fund, kita harapkan nanti terus meningkat,” ujar Sofyan.

Matching Fund menjadi satu diantara nilai tambah terbentuknya kolaborasi antara dua pihak melalui platform Kedaireka. Dukungan Matching Fund ini diprioritaskan bagi kolaborasi yang berkontribusi terhadap pencapaian 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud, yang meliputi Lulusan pendidikan tinggi mendapat pekerjaan yang layak, Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, Dosen berkegiatan di luar kampus, Praktisi mengajar di dalam kampus, Hasil kerja dosen berguna bagi masyarakat dan diakui internasional, Program studi kampus bekerja sama dengan mitra kelas dunia, Kelas bersifat kolaboratif dan partisipatif, dan Program Studi berstandar internasional

Pada kegiatan ini, hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNRI Dr Hermandra SPd MPd, Ketua LPPM UNRI Prof Dr Mubarak MSi, Sekretaris LPPM selaku Ketua Tim Pengelola Matching Fund UNRI Tahun 2023 Assoc Prof Dr Emilda Firdaus SH MH beserta Tim, Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Drs Mawardi, dan sejumlah dosen peneliti dan undangan lainnya. (wendi. foto: egamaulana) ***

Photo Dokumentasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info