Thu, 20 Jun 2024 Jam

Email: lppm@unri.ac.id   |   lppmuniv.riau@gmail.com

Data Penting itu Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Andriki Saputra1 August 20234min338

News. Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, menyambut baik adanya keselarasan yang sama dengan Universitas Riau (UNRI) untuk membangun daerah mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Terima kasih kepada UNRI yang sudah bersama-sama ikut membangun daerah melalui mahasiswa Kukerta UNRI.”

Hal ini disampaikan Bupati pada kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Survey Pendataan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Siak bagi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) Tahun 2023 dalam rangka rangkaian kegiatan Kukerta UNRI bersama Pemerintah Kabupaten Siak, Selasa (1/8/2023) di Aula Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Pembangunan itu tidak bisa dilakukan sendiri.

Harus ada unsur pemerintah, akademisi, masyarakat, dan unsur-unsur lainnya. Semua unsur ini apabila berkolaborasi maka akan mampu mewujudkan kesejateraan rakyat, ujar Alfedri.

“Ini adalah momentum penting bagi Kabupaten Siak, dimana melalui kegiatan pendataan ini sebagai bagian dari kegiatan mahasiswa peserta Kukerta di Kabupaten Siak. Ini menjadi pegalaman berharga bagi mahasiswa yang melakukan survey dalam kegiatan Kukerta di Siak, dan ini menjadi sangat penting untuk kita kerjakan,” jelas Bupati Siak.

Jelas Alfredi, data-data ini sangat penting dalam SPBE, dan ini dapat menjadi pertimbangan bagi pemerintah daerah untuk menentukan dan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) bagi daerah. Maka diperlukan data yang akurat dalam penentuan kebijakan tersebut, untuk menghasilkan kebijakan yang tepat sasaran.

Pada kesempatan itu, Assoc Prof Dr Emilda Firdaus SH MH Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNRI, menyampaikan keberadaan mahasiswa Kukerta di Siak di antaranya untuk membantu program pemerintah dalam pendataan untuk SPBE.

“Mahasiswa Kukerta yang mengikuti kegiatan ini merupakan bagian dari program Kukerta dan merupakan bentuk dari program kerja sama UNRI dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak,” kata Emilda didampingi Dr Neni Hermita MPd, Koordinator Kukerta LPPM UNRI.

“Bagi mahasiswa agar dapat melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya. Tentunya UNRI melalui pesan Rektor UNRI Peof Dr Sri Indarti MSi menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Siak atas sarana dan prasarana bagi mahasiswa yang melaksanakan Kukerta di Kebupaten Siak ini,” jelas Emilda.

“Di kecamatan Tualang ini mahasiswa UNRI ada sebanyak 200  orang mahasiswa peserta Kukerta, serta ada sebanyak 1.700 di Kabupaten Siak sekitarnya, dan pada awal September nanti akan ada 300 mahasiswa peserta Kukerta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu program dari Kementerian,” jelas Sekretaris LPPM UNRI.

“Mahasiswa yang ikut dalam melaksanakan kegitan Survey ini akan diberikan sertifikat sebagai surveyor dari LPPM yang dikeluarkan oleh BPS (Badan Pusat Statisti). Karena itu kita ingin agar mahasiswa dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan manfaat yang ada dan didalam menjalankan tugas harus selalu waspada dan berhati-hati,” kata Emilda.

Mahasiswa peserta Kukerta di Siak pada kegiatan ini, memperoleh pembekalan untuk pelaksanaan survey dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Dr Fauzi Asni MSi, dan pembekalan teknis dari Khairunnas SE Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Siak. (ed: rion. foto: ist) ***

Photo dokumentasi:


Tentang Kami

LPPM Universitas Riau adalah suatu lembaga dilingkungan Universitas Riau yang mengelola bidang penelitian/riset, pengabdian, publikasi, kukerta, kerjasama bidang penelitian/riset dan pengabdian serta luaranya.


lppm@unri.ac.id

(0761) 588156



Lokasi Kami

Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Bina Widya, Panam
Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293


Dapatkan Info