Program Mesin Pompa Air Bertenaga Surya untuk Panti Asuhan Teriak Putri Tujuh di Desa Pematang Tebih, Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu

Suwitno
9 Oktober 2018

Universitas Riau melalui program pengabdian kepada mesyarakat yang diketuai oleh Suwitno melaksanakan pengabdian di Desa Pematang Tebih. Energi listrik arus searah yang dihasilkan oleh panel surya dan energi yang telah tersimpan dalam baterai, kemudian konversikan menjadi arus bolak-balik. Hal ini akan dipergunakan untuk beban-beban listrik rumah tangga seperti; lampu, televisi, pompa air dan lain-lain. Untuk dapat mengubah energi listrik searah menjadi bolak-balik digunakan inverter (tegangan DC ke AC). Komponen utama pembangkit energi surya adalah modul fotovoltaik yang dihasilkan adalah listrik arus searah. Kapasitas daya modul surya diukur dalam satuan Watt-peak (Wp) dan merupakan spesifikasi modul surya yang menyatakan besarnya daya yang bisa dihasilkan oleh modul surya pada saat insolasi surya yang diterima sebesar 1000 W/m2 dan kondisi suhu lingkungan 25oC. Daya dan arus listrik yang dihasilkan modul surya berubah-ubah tergantung pada besar intensitas radiasi surya yang diterima. Daya keluaran modul surya juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, bayangan, sudut kemiringan instalasi, dan kebersihan permukaan modul. Mesin pompa air tenaga surya sangat cocok diaplikasikan untuk daerah-daerah pedesaan yang membutuhkan pemompaan air dari sumbernya sementara tidak terdapat sumber listrik dari PLN atau sumber listrik PLN yang terbatas.

Mesin pompa air tenaga surya menggunakan tenaga matahari sebagai sumber listrik penggerak pompa untuk menarik air dari sumbernya ke permukaan atau penampungan. Melihat dari kelebihan pompa air tenaga surya tersebut di atas, sangat sesuai diaplikasikan di tempat lokasi pengabdian di Asrama Putri Panti Asuhan Yatim Teriak Putri Tujuh. Kondisi kelistrikannya yang sangat terbatas menjadi tersendatnya suplai listrik untuk asrama putri terutama untuk penyediaan air yang menjadi kebutuhan yang sering digunakan. Pelaksanaan pengabdian ini adalah mendesain sistem pompa air berbasis tenaga surya untuk kebutuhan asrama putri sesuai dengan data yang telah diperoleh. Desain ini menghasilkan spesifikasi yang meliputi besar daya pompa, panel surya, baterai, inverter dan pengontrolannya. Kegiatan pengabdian telah tercapai dengan terpasangnya pompa air berbasis tenaga surya di lokasi pengabdian yaitu di Asrama Putri Panti Asuhan Yatim Teriak Putri Tujuh Ujungbatu. Pengujian telah dilakukan dengan memasang pompa air sampai berfungsi dengan baik.

(1)

Related Articles

Leave a Reply

Close