Pengelolaan Potensi Alam dan Pengolahan Ikan Kreatif Menuju Eduekowisata di Desa Buluhcina Sub DAS Sungai Kampar Kecamatan Siak Hulu

Yustina
Oktober 2018

Potensi Desa Buluhcina memiliki 1.500 Ha kebun sawit dan 10 Ha kebun karet. Meskipun demikian masyarakat desa memiliki potensi yang besar dalam bidang perikanan. Dari 150 orang nelayan yang ada di Desa Buluhcina didapat sebanyak 325 buah keramba yang merupakan mata pencaharian terbesar penduduk desa.

Potensi alam ini sangat bagus tetapi kebersihan sekitar hutan menjadi perlu diperhatikan. Kebersihan sekitar hutan, terutama pohon-pohon besar sebagai spot-spot foto hutan perlu dijaga karena dapat mempengaruhi pengunjung untuk datang kembali dan merekomendasikan orang lain datang ke TWA Buluhcina. Potensi alam ini juga sangat perlu dipromosikan, sehingga pengunjung datang lebih banyak. Maka dari itu informasi publikasi (promosi, brosur, spanduk, penyelenggaraan even-even seperti hari bumi, lingkungan, pegeleran budaya dan seni), sarana publik terkait dengan sarana seperti tempat parkir, tempat sholat, toilet, penunjuk arah/lokasi, taman bermain anak, tempat sampah dan prasarana sebagai lokasi eduekowisata seperti gerai makanan, kuliner-kuliner, pengenalan nama, foto spot, lokasi prewedding, transportasi menuju lokasi, homestay, Gaiger serta pengelola dan pemasaran yang perlu dibenahi. Pengabdian kepada masyarakat ini terutama ditujukan kepada masyarakat kelompok pemuda (20 orang) dan pemuka masyarakat (kepala dusun, Rukun Warga, Rukun Tetangga) sebanyak 20 orang serta ibu-ibu penggerak PKK sebanyak 20 orang.

Langkah strategis, perlunya informasi penunjang keanekaragaman flora serta khasiatnya, fauna (inventarisasi) jenis-jenis ikan di ketujuh danau di Buluhcina serta peta silsilah, sejarah budaya dan kearifan lokal budaya melayu lainnya, sebagai informasi tambahan eduekowisata di desa Buluhcina serta kegiatan pendampingan pengembangan dan pelatihan sumberdaya manusia dalam pengembangan pariwisata di Buluhcina, ujar ketua pengabdian ibu Yustina.

(1)

Related Articles

Leave a Reply

Close