Profil

Tentang LPPM Universitas Riau

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau merupakan lembaga yang dibentuk pada tahun 2014. Lembaga ini semula merupakan 2 lembaga di lingkungan Universitas Riau, yaitu Lembaga Penelitian (Lemlit) dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM).

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau semula bernama Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (Pusdimas), dibentuk berdasarkan Peraturan Perintah Nomor 5 tahun 1980 tentang Pokok-pokok Organisasi Universitas/Institut Negeri. Dalam pelaksanaannya, Pusdimas merujuk kepada Keputusan Presiden Nomor 38 tentang struktur Universitas Riau, khususnya pada pasal 4 poin 11 yang menyebutkan tentang Pusat Pengabdian kepada Masyarakat.

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) terbentuk berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0428/0/1992 tentang Statuta Universitas Riau, yang ditindaklanjuti dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0112/0/1993 tanggal 27 Februari 1993, tentang organisasi dan tata kerja Universitas Riau.

Lemlit dan LPM Universitas Riau melebur menjadi lembaga baru yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau. LPPM Universitas Riau dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 114 tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Riau yang dikeluarkan pada 8 Oktober 2014.

Universitas Riau yang saat ini berstatus BLU sedang menata diri baik dalam bidang akademik, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. Universitas Riau di masa yang akan datang diarahkan sebagai universitas riset, dimana kegiatan pendidikan dan pengabdiannya selalu didasarkan dan didukung oleh hasil riset. Selain itu juga komitmen institusi untuk senantiasa meningkatkan kualitas penyelenggaraan perguruan tinggi (academic exellent). Sehingga keberadaan LPPM Universitas Riau menjadi lembaga yang strategis dalam mendukung percepatan penataan tersebut.

(0)

Close