Meningkatkan Keterbacaan dan Sitasi Publikasi, Jurnal LPPM Universitas Riau Kini Terdaftar di Crossref

Meningkatkan Keterbacaan dan Sitasi Publikasi, Jurnal LPPM Universitas Riau Kini Terdaftar di Crossref

Dalam upaya mempublikasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau sebagai penerbit terbitan berkala ilmiah (jurnal) telah terdaftar sebagai anggota Publishers International Linking Association, Inc (PILA).

PILA dengan brand-nya Crossref® merupakan institusi yang memfasilitasi anggotanya untuk menerbitkan Digital Object Identifier, yang dikenal dengan singkatan DOI®. DOI merupakan identitas digital untuk dokumen elektronik yang dapat diakses melalui internet. DOI digunakan oleh publisher elektronik, diantaranya penerbit jurnal ilmiah dan conference proceeding. Sebagai anggota PILA, kini LPPM Universitas Riau dapat menerbitkan DOI dengan prefix 10.31258 untuk artikel yang dipublikasikan pada jurnal LPPM Universitas Riau, baik jurnal internasional, jurnal nasional, jurnal pengabdian, dan juga prosiding seminar.

Selain sebagai identitas digital, DOI membantu menginformasikan metadata artikel jurnal elektronik melalui jaringan internet, sehingga aksesibilitas dan keterbacaan artikel tersebut meningkat. Hal ini akan memudahkan pembaca yang mempunyai interest terhadap bidang ilmu suatu karya tulis  untuk menjangkau artikel yang diinginkannya. Bukan hanya data nama penulis dan judul artikel, metadata artikel lainnya seperti afiliasi penulis, penerbit, nama jurnal, volume, issue, Google Scholar, ORCID, Scopus ID, abstract, keywords, references, dan supplementary files dalam artikel yang di-publish juga dapat terbaca oleh situs pencari dan lembaga pengindeks. Hal ini juga akan meningkatkan kemungkinan pengutipan dan menaikkan impact factor artikel.

Keanggotaan PILA memungkinkan jurnal elektronik LPPM Universitas Riau untuk terindeks di banyak lembaga pengindeks bereputasi. Terindeks di banyak Lembaga pengindeks dan dengan pengelolaan metadata yang baik tentunya akan meningkatkan kualitas terbitan berkala LPPM Universitas Riau. Bagi anda yang berminat untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal LPPM Universitas Riau dapat mengunjungi laman publikasi LPPM Universitas Riau.

(83)

Related Articles

Close